News Update

Senin, 07 September 2020

Perbedaan Hard Skill dan Soft Skill Serta Manfaatnya di Dunia Kerja

0 comments
Skill


Memasuki dunia kerja, tentunya Anda akan semakin familiar dengan istilah hard skill dan soft skill. Ya, hal ini merupakan aspek mendasar yang perlu dimiliki oleh para pencari kerja, baik muda maupun senior. Dengan memiliki soft kill dan hard skill ini, maka akan memberikan keuntungan lebih untuk Anda di mana bisa mendapatkan value lebih ketika memiliki kemampuan ataupun keterampilan khusus. Oleh karena itu, melakukan soft skill assessment dan hard skill assessment bisa dilakukan sedini mungkin guna mengetahui bakat apa yang Anda miliki.


Sekalipun saling berkaitan, soft skill dan hard skill ternyata memiliki perbedaan, loh.  Berikut merupakan perbedaan tersebut:


Pada dasarnya, hard skill cenderung mengacu pada kemampuan seseorang dalam melakukan pekerjaan. Hard skill sendiri bisa diartikan sebagai kemampuan khusus atau spesifik yang menjadi major skill seseorang selama berkarir. Umumnya, hard skill ini dapat diperoleh dengan cara mempelajarinya.


Sedangkan, soft skill lebih mengacu pada atribut personal seseorang seperti kemampuan berkomunikasi yang sangat dibutuhkan dalam dunia kerja. Singkatnya, soft skill yang dimiliki dapat mempresentasikan diri seseorang dalam lingkungan kerja atau sosial, di mana kemampuan ini tidak selalu bisa dipelajari melainkan bawaan pribadi yang keluar berdasarkan insting.


Contoh hard skill

Terdapat beberapa contoh hard skill yang bisa Anda pelajari di antaranya adalah programming, menulis, desain web, akuntansi, komputer, dan sebagainya. Biasanya, indikator tingkatan hard skill berdasarkan pada seberapa paham Anda menguasai objek hard skill tersebut. Misalnya saja, dalam hal  menciptakan desain, mengoperasikan komputer, menulis cerita, maupun mengoperasikan mesin besar yang rumit.


Contoh soft skill

Sebagaimana yang didefinisikan sebelumnya, soft skill adalah atribut pribadi yang dimiliki oleh seseorang, termasuk karakterisitik bawaan yang tidak bisa dipelajari secara formal. Soft skill sendiri tak jarang memiliki peran penting dalam karir Anda. Nah, umumnya, setiap pekerjaan membutuhkan yang namanya keterlibatan orang lain, dengan kata lain, bekerja secara tim tentu dibutuhkan.  Oleh karena itu, kemampuan berinteraksi yang baik akan bermanfaat untuk menjalani pekerjaan bersama.


Mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan minat dan bakat tentu bukan perkara mudah. Alasannya karena banyaknya pesaing dan hilangnya kesempatan bekerja karena kurangnya requeriment dan informasi yang Anda cantumkan pada saat melamar. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk memiliki  soft kill dan hard skill sedini mungkin agar Anda mendapatkan pekerjaan dengan baik. Salah satu caranya adalah mencoba platform asesmen online INI AKU by ASI Asia Pacific, yang dapat membantu Anda menemukan soft skill dan hard skill yang sesuai dengan kebutuhan karir Anda di masa mendatang.

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar