News Update

Selasa, 04 Agustus 2020

Persib Bandung dan Sejarahnya

0 comments
Persib Bandung


Perlu diketahui bahwa sebelum lahir nama Persib, pada tahun 1923 berdiri Bandoeng Inlandsche Voetbal Bond (BIVB) di Bandung. BIVB ini adalah salah satu organisasi perjuangan kaum nasionalis pada masa itu. Tercatat dalam sejarah bahwa Ketua Umum BIVB ini adalah Syamsudin yang kemudian diteruskan oleh putra pejuang wanita Dewi Sartika, yakni R. Atot.

Kemudian BIVB menghilang dan muncul muncul dua perkumpulan lainnya yang bernama National Voetball Bond (NVB) dan Persatuan Sepak Bola Indonesia Bandung (PSIB). Lalu pada 14 Maret 1933 kedua perkumpulan tersebut melebur dan menjadi perkumpulan baru yang bernama Persib dengan memilih Anwar St. Pamoentjak sebagai ketua umumnya. Adapun klub-klub yang bergabung ke dalam Persib adalah Merapi, MALTA, HBOM, OVU, RAN, Diana, Matahari, Singgalang, SIAP, dan Soenda. Dikutip dari berita bola terlengkap , Persib tampil tiga kali sebagai runner up pada kompetisi Perserikatan 1933 (Surabaya), 1934 (Bandung), dan 1936 (Solo), akhirnya Persib menjadi juara kompetisi di Solo pada tahun 1939.

Sejarah Persib Di Awal Kemerdekaan

Setelah Indonesia Merdeka, pada tahun 1950 digelar Kongres PSSI di Semarang dan Kompetisi Perserikatan. Dalam kompetisi Perserikatan tersebut Persib Bandung hanya mampu menduduki runner up setelah kalah dari Persebaya Surabaya. Namun, pada tahun 1955-1957 prestasi Persib semakin meningkat. Dimana, banyaknya pemain Persib yang menjadi pemain tim nasional untuk berlaga di Olimpiade Melbourne 1959, diantaranya Ade Dana dan Aang Witarsa. Pada kompetisi 1961, Persib semakin ditakuti oleh lawan-lawannya, setelah menjuarai kompetisi kedua kalinya setelah mengalahkan PSM Ujungpandang.

Liga Indonesia

Di Liga profesional sendiri Persib pernah meraih juara sebanyak dua kali. Yakni, Liga Indonesia yang pertama pada tahun 1995, yang pada waktu itu bernama Liga Dunhil dan 2014.

Daftar Pemain Persib 2020

Penjaga Gawang :

Dhika Bayangkara, I Made Wirawan, Teja Paku Alam

Pemain Belakang :

Ardi Idrus, Fabiano Beltrame, Henhen Herdiana, Mario Jardel, Nick Kuipers, Supardi Nasir, Victor Igbonefo, Zalnando

Pemain Tengah :

Abdul Aziz, Beckham Putra, Dedi Kusnandar, Erwin Ramdani, Febri Hariyadi, Frets Butuan, Gian Zola, Kim Jeffrey Kurniawan, Ghozali Siregar, Omid Nazari

Pemain Depan :

Beni Oktovianto, Esteben Vizcarra, Geoffrey Castillion, Wander Luiz, Zulham Zamrun

Tidak ada komentar:

Posting Komentar