News Update

Senin, 06 Juli 2020

Ini 3 Faktor Utama Penentu Harga Premi Asuransi untuk Mobil Anda

0 comments

Ini 3 Faktor Utama Penentu Harga Premi Asuransi untuk Mobil Anda

Apakah Anda tahu apa saja manfaat dan keuntungan yang dapat Anda rasakan dengan memiliki asuransi mobil online? Secara garis besar, asuransi memberikan perlindungan pada kendaraan yang mengalami kerusakan akibat berbagai peristiwa seperti kecelakaan, pencurian, bencana alam, hingga kerusuhan.

Tentu, perlindungan ini bisa Anda nikmati selama membayar premi asuransi dengan besaran tergantung pada polis yang diambil. Biasanya, jumlah premi yang harus dibayar mempertimbangkan beberapa faktor berikut ini, di antaranya:

1.     Harga dan jenis kendaraan.
Faktor pertama yakni jenis dan harga kendaraan. Dari segi jenis kendaraan, terdapat 3 (tiga) kategori utama, yaitu kendaraan bus dan truk, kendaraan non-bus dan non-truk, dan kendaraan roda dua. Klasifikasi ini biasanya berlaku pada premi asuransi All-Risk dan Total Loss Only (TLO). Sedangkan, untuk harga kendaraan, biasanya semakin mahal kendaraan maka biaya premi yang harus dibayar akan semakin besar pula, pun sebaliknya. Untuk itu, cermatlah dalam memilih kendaraan dan harganya!

2.         Wilayah pertanggungan.
Selain itu, wilayah pertanggungan juga masuk dalam faktor penentu berapa premi asuransi yang harus dibayar setiap bulannya. Di mana, wilayah pertanggungan ini terbagi ke dalam 3 (tiga) bagian, yakni:

·        Wilayah 1 = Nanggroe Aceh Darussalam, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Kepulauan Riau, Sumatera Selatan, Bengkulu, Jambi, Lampung, dan Bangka-Belitung.
·        Wilayah 2 = Jakarta, Bandung, Banten, Bogor, Cirebon, Karawang, Purwakarta, Tasikmalaya, Subang, Ciamis, Garut, Banjar, dan Sumedang.
·        Wilayah 3 = Wilayah-wilayah lain di Indonesia yang tidak termasuk ke dalam Wilayah 1 dan Wilayah 2.

Faktor satu ini juga digunakan dalam produk asuransi All-Risk maupun asuransi Total Loss Only (TLO).

3.         Usia kendaraan.
Faktor terakhir yang juga dipertimbangkan dalam menentukan harga premi asuransi adalah usia kendaraan ketika asuransi diajukan. Meskipun fasilitas serta aturannya berbeda-beda antara satu perusahaan dengan perusahaan lainnya, namun tetap saja usia kendaraan ini sangat penting untuk dipertimbangkan. Di mana, semakin tua umur kendaraan, maka harga preminya pun semakin mahal. Di samping itu, masih ada ketentuan lain yang ditetapkan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), yang mengatur bahwa setiap kendaraan yang usianya sudah di atas 5 tahun – termasuk mobil – akan mendapatkan penambahan biaya 5% pertahunnya. Namun, penambahan biaya Ini hanya berlaku untuk produk asuransi All-Risk.

Nah, itulah faktor-faktor penentu harga premi asuransi yang harus Anda bayarkan setiap bulannya. Dengan lebih memahami hal tersebut, Anda pun tentu bisa lebih menyiapkan diri saat mendaftar asuransi, khususnya asuransi kendaraan. Semoga bermanfaat, ya!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar