News Update

Selasa, 09 Juni 2020

Kenali 5 Tahap Tumbuh Kembang Bayi Hingga Berusia 12 Bulan

0 comments

Kenali 5 Tahap Tumbuh Kembang Bayi Hingga Berusia 12 Bulan

Setiap orang tua tentu tertarik dengan segala kemampuan baru yang ditunjukkan oleh si kecil. Hal ini sangat lumrah karena ingin mengikuti setiap perkembangan bayinya sejak lahir hingga dewasa. Mulai bayi lahir hingga berusia 12 bulan terdiri atas 5 tahapan dengan berbagai kemajuannya. Berilah rangsangan agar dapat membantu proses tumbuh kembang bayi hingga berusia 12 bulan. Yuk kulik beberapa tahapan perkembangan si kecil di bawah ini!

Tahapan Perkembangan Bayi

1. Bayi Baru Lahir – 1 bulan
Biasanya, si kecil akan kehilangan beratnya sebesar 10% di hari kedua kelahirannya. Hal ini adalah sesuatu yang wajar, sehingga tidak perlu panik. Si kecil akan mendapatkan berat lahir normalnya di minggu kedua dengan penambahan berat 30 gram per hari. Tidak hanya itu, si kecil juga bertambah panjang sekitar 3 sampai 4 cm dan lingkar kepala juga bertambah sekitar 2.5 cm. Di usia ini, bayi akan tampak juling karena penglihatannya belum fokus.

2. Bayi 1 – 3 Bulan
Hampir sama dengan bulan sebelumnya, bayi juga akan mengalami pertambahan berat badan, panjang badan, dan lingkar kepala. Bedanya, jika sebelumnya bertambah setiap hari pada fase ini pertambahan terjadi setiap bulannya. Perkembangan lainnya juga tampak, seperti si kecil sudah mampu mengangkat kepala dan dadanya saat posisinya tengkurap. Jika sebelumnya mata belum fokus dan terkesan juling, sekarang sudah bisa merespon cahaya di sekitarnya.

Tidak hanya merespon cahaya, tumbuh kembang bayi di tahapan kedua ini sudah mampu menggerakkan matanya mengikuti benda yang dlihat. Buah hati anda juga dapat menggerakkan jari jarinya untuk menutup dan membuka, menggenggam benda, serta memasukkan tangan ke dalam mulut. Ia sudah mampu mengenali suara yang biasa didengar dan suara lainnya yang asing. Ia juga mulai tertarik dengan benda yang tergantung, meski belum bisa meraihnya.

3. Bayi 4 – 6 Bulan
Berat badan si kecil sudah mencapai dua kali lipat berat saat ia lahir. Ia juga dapat tersenyum untuk merespon seseorang yang berbicara atau mengajaknya bermain. Jika anda meletakkan si kecil di ranjang, ia dapat berguling dari posisi tengkurap ke telungkup dan sebaliknya. Mulutnya sudah bisa mengoceh beberapa patah kata, meskipun belum terlalu jelas. Kakinya telah mampu menjejak meskipun belum sempurna dan data duduk meskipun masih harus disangga.

4. Bayi 7 – 9 Bulan
Pada usia ini si kecil telah menunjukkan kemajuan yang sangat pesat, ia mampu merangkak dan mendorong dengan beberapa anggota gerak tubuhnya. Ia pun sudah dapat merangkak dengan tangan dan lutut secara sempurna. Duduk pun dapat dilakukannya tanpa bantuan orang lain, tumbuh kembang bayi lainnya dapat berdiri dengan berpegangan pada benda di sekitarnya. Ia sudah dapat mengangkat benda dengan mengandalkan ibu jari dan telunjuknya.

5. Bayi 10 – 12 Bulan
Setiap aspek di tubuh si kecil berkembang dengan baik, seperti berat badannya yang telah mencapai tiga kali lipat daripada berat lahirnya. Panjang badan dan lingkar kepalanya dapat bertambah sekitar 0.6 cm setiap bulannya. Dengan begitu, bayi anda semakin besar dan mulai dapat berbicara atau berjalan, bergantung dengan kemampuan masing masing bayi. Ia sudah dapat memegang benda benda kecil dengan tangan mungilnya secara benar.

Tidak hanya itu, ia juga sudah dapat berdiri sendiri tanpa bantuan orang lain dan tidak lagi berpegangan pada benda lain. Ia sering kali menunjuk benda di sekitarnya untuk meminta perhatian dari orang orang terdekatnya. Tidak hanya itu, ia juga sudah dapat menjawab segala pertanyaan yang diajukan padanya. Bahkan ia juga menolak hal hal yang tidak ia sukai dengan tegas serta meminta semua yang ia inginkan pada kedua orang tua atau keluarganya.

Memiliki bayi memang sangat menyenangkan mengikuti segala pertumbuhannya. Merries.co.id memberikan beberapa tahapan tumbuh kembang bayi mulai dari lahir hingga 12 bulan. Akan tetapi, perlu anda ketahui bahwa setiap bayi memiliki perkembangan yang berbeda beda. Oleh karena itu, setiap orang tua tidak perlu khawatir jika buah hatinya tidak seperti bayi lainnya. Dan tidak perlu saling membandingkan perkembangan anak karena semuanya diciptakan unik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar